Langsung ke konten utama
ASUS VIVOBOOK FLIP TP410, JAWABAN DARI SEMUA KEGUNDAHANKU

Hai para penetap, aku sekarang mau ngebahas laptop yang keren ini hihihi. Sekedar intermezo, laptop yang diluncurkan di Indonesia pada akhir November 2017 sangat menarik lho buat kalian tahu. Sebelum aku kasih tau poin-poin menarik dari ini laptop aku jelasin dulu kepada kalian para penetap kenapa aku sendiri juga ingin laptop ini :)

Jadi sekarang laptop yang aku pakai ini kurang lebih 2 tahun banyak banget kendalanya sampai bikin aku gundah. Dan kalo kalian ingin tahu ini laptop keduaku. Terus yang pertama kemana? yang pertama hilang (sedih banget ya). Yowes selesai curhat mengenai masalah yang udah lalu. Sekarang saatnya "moving forward to the future" (berasa kaya motivator).

Oh iya, aku ceritain nih kepada kalian para penetap pengalaman memakai laptop yang sekarang. Poin-poin yang bikin aku sebel sama ini laptop ialah...
1.     Desain Ngga Menarik
Iya aku ngga salah ngetik, emang bawaannya tampilan ini laptop sangat teramat biasa. Aku kadang kalo pakai laptop ini ngga mau inget ini desainnya (karena biar ngga bosen aja pas ngerjain tugas).
2.     Berat
Yap ini laptop termasuk berat. Dengan bobotnya yang hampir 2 kg bikin tangan pegel kalo semisal mau pindah tempat nyari lokasi lebih nyaman kan pasti ya lah kita angkat dan bawa itu laptop ke posisi yang kita anggap nyaman. Nah disitu pegelnya berasa kalo lagi mindahin dan angkat tentunya hehe. 
3.     Tidak Ada Layar Sentuh
Mungkin bagi kalian yang udah nyaman pakai touchpad atau mouse ngerasa biasa aja kalo fitur ini ngga ada. Tapi buat aku sih ini ngga enak asli, apalagi sekarang smartphone udah pasti layar sentuh ya kan, masa iya laptop ngga. Jadi tuh kadang-kadang kalo liat layar laptop, terus mau buka aplikasi, malah yang disentuh layarnya -_-
4.     Ngelag Aja Terus
Untuk ini saya sedikit maklumi karena emang ini laptop lower end dengan spesifikasi seadanya. Maklumin aja soalnya pas itu budget ngga cukup beli laptop sebelumnya (masih ngga rela kehilangan laptopnya). Nah untuk ngelagnya hampir semuanya lag. Mau ketik ngelag, buka aplikasi ngelag, tutup aplikasi  ngelag (lebih parah dibanding buka aplikasi), dengerin musik juga ngelag tiba-tiba ada suara kresek-kresek gitu. Itu belum apa-apa sampai aku ngalamin kejadian setiap aku input angka di aplikasi statistik yang muncul pertama kali selalu aja tanda tanya (iya tanda ?) dan beberapa detik kemudian baru deh muncul angkanya.
5.     Backlit keyboardMana Ada
Fitur ini sih bisa dibilang ada fungsinya, bisa juga ngga (tergantung pemakai). Tapi buat aku sendiri ini penting karena semisal ruangan pencahayaannya kurang, dengan adanya fitur ini ngetik jadi lebih nyaman. Terlebih aku bukan tipe yang inget semua letak posisi di keyboard.
6.     Jangan Harap Buat Main Game
Kalo kalian para penetap udah baca poin 4 pasti udah ngerti sendiri (udah ngga kuat lagi jelasin aku tuh).

Sekarang saatnya aku kasih tau kenapa aku ingin ganti ke ASUS VIVOBOOK FLIP TP410!!!

Sebelum itu aku ingin kasih tau dulu ASUS VivoBook Flip 14 TP410 itu ada 3 jenis yang dihadirkan di Indonesia, yaitu:
1.     ASUS VivoBook Flip 14 TP410UR
2.     ASUS VivoBook Flip 14 TP410UA
3.     ASUS VivoBook Flip 14 TP410UF
- Untuk Tipe TP410UR Berada di kisaran harga:

Rp 13.599.000
(i7-7500U/8GB/1TB HDD+128G SSD/Win 10)
Rp 9.799.000
(i3-7100U/8GB/1TB HDD/Win 10)
Rp 7.999.000
(i3-7100U/4GB/1TB HDD/Win 10)
Rp 6.899.000
(i3-7100U/4GB/500GB HDD/Win 10)

- Untuk Tipe TP410UA Berada di kisaran harga:

Rp 9.099.000
(i5-7200U/8GB/1TB/Win 10)
Rp 7.099.000
(i3-7100U/4GB/1TB/Win 10)
Rp 6.899.000
(i3-7100U/4GB/500GB/Win 10)

- Untuk Tipe TP410UF Berada di kisaran harga:

Rp 14.599.000
(i7-8550U/8GB/1TB HDD+128G SSD/Win 10)

Untuk pembahasan laptop ASUS VivoBook Flip 14, yang akan aku bahas sama kalian adalah Tipe TP410UA varian tertinggi dengan harga Rp. 9.099.000 (i5-7200U/8GB/1TB/WIN 10).

Pertama-tama aku ingin kasih juga beberapa poin kenapa aku suka banget sama ini laptop. Nah untuk poin-poinnya akan dibahas dibawah sebagai berikut:

1.     Desain Menarik



Kenapa bisa dibilang menarik? karena desain ini cukup menawan dengan balutan alumunium. warna silverya juga terasa sangat menegaskan bahan alumuniumnya. Belum lagi dengan konsep laptop covertible-nya akan membuat kesan classy dan versatile (serba guna). Aku sendiri merasa ganteng banget pasti kalo pakai ini.

Dibagian layar ini ada yang menarik lho para penetap, yaitu layar 14 inci yang dipasang justru dari dari bodi 13 inci. Aneh? bukan, itu karena ada fitur khusus yang namanya NanoEdge Display. Fitur ini membuat rasio layar ke tubuh menjadi 78,7% sehingga membuat bezel layar menjadi lebih tipis dan pastinya layar 14 inci dari bodi 13 inci. Berarti kalo seperti ini aku diuntungkan banget dong, punya layar lebih gede tapi justru ukuran laptop mengecil hihihi.
2.     Ringan dan Tipis
Ini dia yang bikin aku seneng. Dengan berat 1,6kg dan ketebalan 1,48cm berarti bawa laptop kemana-mana bisa dengan mudah dan tanpa capek dong tentunya.
3.     Layar Sentuh
Jelas ini udah kewajiban bagi laptop convertible. Tapi bagi aku sendiri yang hanya punya model "konvensional"/kuno tanpa layar sentuh ya aku suka banget pastinya sama fitur ini. Soalnya layar sentuh itu lebih simpel dibanding gerakin touchpad/tetikus. Jadi lebih hemat waktu juga kalo ngerjain sesuatu, ya kan? Layar sentuh ini juga bisa dibilang Ultra Accurate Touch membuat ketepatan/keakuratan sentuhan sudah sangat baik.
Sensor layar sentuhnya bekerja pada interval 6mm yang mastiin kita sebagai pengguna akan merasakan sentuhan yang presisi.Lebih asik lagi kalo pake ASUS pen biar bisa bikin sketsa atau sejenisnya seperti gambar diatas dengan lebih comfortbale/nyaman tentunya.
4.     Anti Lag-Lag Club
So pasti. dengan spesifikasi memumpuni gimana bisa ngelagnya. Laptop ini diotaki prosesor i5-7200U, RAM 8GB DDR4, 1TB HDD + 128 SDD, dan tentunya Nvidia GT 930MX  2GB. Dengan prosesor buatan intel generasi ketujuh (Kaby Lake) dijamin melakukan aktivitas sehari-hari tanpa lag (semisal pakai aplikasi Ms. Office, browsing, video call, dan streaming video/musik, serta editing foto)

Untuk bermain game pun juga tidak masalah selama game-game itu bukan game yang membutuhkan komputasi tingkat tinggi seperti The Sims 4, FIFA 18, PES 18, atau bahkan DOTA 2. Tapi inget juga kalo ini bukan laptop khusus gaming, jadi lebih digunakan kalo lagi senggang aja. Kenapa aku bilang begitu? Karena prosesornya tertulis i5-7200U. Tanda U disitu berarti "Ultra Low Voltage" yang artinya hemat daya, bukannya optimalisasi performa seperti yang lainnya.

Disini justru prosesornya yang aku senangi karena selain hemat daya, prosesor ini juga membuat laptop tidak cepat panas dan pastinya lebih ramping dibanding laptop pada umumnya karena hanya butuh pendingin yang kecil.
5.     Adanya Backlit Keyboard




Kan kalo udah ada backlit ngetik pas cahaya redup atau bahkan saat gelap pun juga tetep bisa ngetik hehehe. Apalagi buat aku yang ngga hapal urutan keyboard merasa kebantu banget sambil hapalin urutannya hehehe.

Tidak lupa juga aku ingin kasih tau fitur-fitur selain yang ditampilkan di atas.

  • Sonic Master


Salah satu teknologi inovatif yang dirancang ASUS demi kenyamanan mendengarkan suara. Suara baik itu musik, aksi tembak-tembakan di film laga, ataupun orang lagi ngevlog dijamin lebih jernih dan lebih baik.
  • Sensor Sidik Jari


Dengan adanya sensor ini, ngebuka laptop cukup dengan sidik jari aja. Jadi istilah harus inget passwordnya apa udah ngga zaman lagi.
  •  Menghadrikan 4 Mode
Media Stand




Mode seperti cocok banget buat aku kalo lagi mager ngejelasin ke temen yang berhadap-hadapan kalo lagi rapat. Tinggal putar layar jadi deh mode “Media Stand”.

Powerful Laptop



Yang ini kayanya ngga perlu dijelasin lagi deh (ya masa ngga tau atuh)

Responsive Tablet



Ini cocok banget sama aku kalo lagi ngandelin layar sentuh sepenuhnya. Aku sendiri yang lebih sering menggunakan smartphone dibanding laptop jelas senang sama mode ini, karena mudah dan lebih responsif sesuai dengan namanya "Responsive Tablet".

Shared Viewer




Fitur yang terakhir paling cocok kalo streaming bareng, misal streaming drama Korea, nonton liga Inggris, Neftlix, atau bahkan Youtube.
  • Layar Full HD dengan Teknologi Wide-View 178˚
Apatuh maksudnya teknologi ini? Intinya sih bisa dilihat dari sudut manapun. Ini solusi sempurna bagi aku kalo ngajak temen-temen nonton bareng :).



Saatnya aku kasih tau kepada kalian para penetap bagian belakang dan samping dari laptop ini


Bagian Samping Kiri:


Terdapat Kunci Kensington, dua buah port USB 2.0 (tipe A), SD card-reader, tombol volume, dan tombol power di sisi kiri 

Bagian Samping Kanan:

Sedangkan di sisi kanan terdapat combo jack untuk microphone/headphone, dua buah port USB 3.1 Generasi 1 (satu tipe C, satu tipe A), HDMI output, dan soket DC power 

Secara overall menurutku udah komplit. Terlebih port USB-nya ada semua jenis, jadi transfer file ngga perlu cemas ke laptop ini.

Bagian Belakang:


Bagian belakang juga terasa solid.

Untuk detail spesifikasinya ada di bawah ya para penetap :) Yuhuu

Processor
Intel Core i5-7200U
Graphics adapter
Intel HD Graphics 620, Core: 300-1000 MHz, single-channel, 23.20.16.4849
Memory
8192 MB
, DDR4-2133, single-channel, no memory slots, RAM soldered in
Display
14 inch 16:9, 1920 x 1080 pixel 157 PPI, capacitive, 10-Finger Multitouch, native pen support, Chi Mei N140HCE-EN1, IPS, glossy: yes
Mainboard
Intel Kaby Lake-U iHDCP 2.2 Premium PCH
Storage
SK Hynix HFS256G39TND-N210A, 256 GB
, 206 GB free
Soundcard
Realtek High Definition Audio
Connections
2 USB 2.0, 2 USB 3.0 / 3.1 Gen1, 1 HDMI, 1 Kensington Lock, Audio Connections: microphone/headphone combo jack, Card Reader: SD, 1 Fingerprint Reader, Sensors: motion sensor , TPM 2.0
Networking
Intel Dual Band Wireless-AC 8265 (a/b/g/n/ac), Bluetooth 4.2
Size
height x width x depth (in mm): 19 x 327.4 x 226.5 ( = 0.75 x 12.89 x 8.92 in)
Battery
42 Wh Lithium-Ion
Operating System
Microsoft Windows 10 Home 64 Bit
Camera
Webcam: VGA
Additional features
Speakers: stereo, Keyboard: chiclet, Keyboard Light: yes, Cyberlink PhotoDirector 5, Cyberlink PowerDirector 12, McAfee LiveSafe (test version), 24 Months Warranty
Weight
1.6 kg ( = 56.44 oz / 3.53 pounds), Power Supply: 147 g ( = 5.19 oz / 0.32 pounds)


Dan di bawah ini untuk foto skor Benchmark






Sumber 17


Sebagai laptop yang ditunjukkan di kelas mid range (menengah), laptop ini sudah menunjukkan skor memumpuni dan lebih dari cukup.

Sebagai penutup aku kasih tau alasan terakhir kenapa aku ingin mengganti laptopku dengan ASUS VivoBook Flip TP410. Hal itu karena laptop pertamaku yang hilang juga ASUS (berasa nostalgia). Aku ingat laptop pertamaku itu ASUS Seri 455UF dengan cover hitam. Jadi rasanya melihat lomba ini lagi aku seneng bisa menghilangkan kegundahanku mengenai ini laptop karena punya kesempatan mendapatkan laptop baru, terlebih merknya sama dengan laptop pertamaku. 

Sebelumnya terima kasih karena sudah mengadakan lomba ini

😊😊😊😊😊😊😊😊






ASUS Laptopku Blogging Competition by https://www.uniekkaswarganti.com/













Komentar

  1. ketika semua orang ingin laptop sefleksibel tablet

    BalasHapus
  2. Terima kasih ya sudah berpartisipasi dalam ASUS Laptopku Blogging Competition. Good luck.

    BalasHapus

Posting Komentar